Tuesday, May 7, 2013

Tugas Aplikasi App Inventor

Pertama-tama masuk ke http://beta.appinventor.mit.edu/, lalu login dengan akun google Anda. Lalu klik new project, beri nama dan lalu akan muncul tampilan awal seperti pada gambar dibawah.


Kemudian kita masukkan Canvas dan rubah width menjadi Fill parent.

Kemudian masukkan ImageSprite di tengah atas canvas lalu masukkan gambar ball.jpg

Setelah itu masukkan ImageSprite pada bagian bawah canvas dan masukkan gambar papan.jpg

Masukkan juga clock agar bola yang ada pada canvas dapar bergerak naik turun.

Masukkan HorizontalArrangement pada bagian bawah canvas untuk tampilan Score. 


Masukkan Label pada HorizontalArrangement  dan ubah properties text menjadi Score.

Masukkan Textbox pada HorizontalArrangement  dan ubah properties text menjadi 0.

Kemudian masukkan VerticalArrangement setelah bagian bawah HorizontalArrangement.

Setelah itu masukkan label-label bagian VerticalArrangement dan rubahProperties text-nya sesuai pada gambar.




Setelah itu klik Open the Blocks Editor, tunggu beberapa saat dan kemudian layar baru untuk blok editor siap di gunakan. Masukkan blok Clock1.Timer seperti pada gambar di bawah

Lalu masukkan set ball.Y untuk menggerakan bola naik turun.

Setelah itu masukkan logical math + , ball.Y dan number untuk dapat menggerakan bola. Ubah angka pada number sesuai dengan keinginan. Dan setelah itu gabungkan semuanya seperti pada gambar di bawah.




Selanjutnya masukkan blok papan.CollideWith

Masukkan juga set TextBox1.Text, logical math - , TextBox1.Text dan number, ubah number menjadi 1 untuk mengurangi nilai Score bila bola terkena papan.




Setelah itu masukkan set ball.Y, logical math - , ball.Y dan number untuk dapat menggerakan bola. Ubah angka pada number sesuai dengan keinginan. Dan setelah itu gabungkan semuanya seperti pada gambar di bawah.






Kemudian selanjutnya masukkan blok when ball.Touched

Masukkan juga set TextBox1.Text, logical math + , TextBox1.Text dan number, ubah number menjadi 1 untuk menambah nilai Score bila bola tersentuh.





Setelah itu masukkan set ball.Y, logical math - , ball.Y dan number untuk dapat menggerakan bola. Ubah angka pada number sesuai dengan keinginan. Dan setelah itu gabungkan semuanya seperti pada gambar di bawah.





Maka setelah semua selesai, kita mempunyai 3 blok editor yang sudah siap digunakan.

Lalu kita klik New Emulator untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat.

Maka pada saat kita menyentuh bola Score akan bertambah.

Sedangkan jika bola mengenai papan makan Score akan berkurang.


No comments:

Post a Comment